Tips Memiliki Pencernaan Sehat Saat Hamil



Ketika hamil banyak perubahan yang terjadi pada tubuh kita. Salah satunya adalah perubahan pada sistem pencernaan kita. Ketika hamil pencernaan kita akan mengalami beberapa kondisi seperti perut terasa kembung, mulas, konstipasi, bersendawa, merasa tidak nyaman pada perut, mual dan muntah. Kondisi pencernaan seperti ini disebabkan oleh adanya perubahan hormon saat hamil atau rahim tumbuh membesar sehingga menekan pencernaan kita.

Ganguan pencernaan ketika hamil tersebut juga aku rasakan pada saat sekarang. Apalagi sekarang aku sudah memasuki trimester ketiga. Gangguan pencernaan yang paling aku rasakan adalah konstipasi, mual dan muntah. Bahkan ditrimester ketiga ini aku masih sering mengalami mual. 

Walaupun hal seperti ini lumrah dialami ibu hamil. Menurut aku nggak ada salahnya juga untuk menjaga kesehatan pencernaan untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada pencernaan. Untuk itu aku mau sharing beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat pencernaan tetap sehat ketika hamil. Setidaknya tips ini akan membantu kamu untuk mengurangi gangguan pencernaan ketika hamil.


1. Perbanyak Minum Air Putih


Ketika hamil jangan pernah abaikan untuk meminum air putih. Ketika hamil diperlukan setidaknya 8-10 sepuluh gelas air putih setiap hari. Selain agar jumlah air ketuban kita cukup air putih juga bagus untuk pencernaan. Kekurangan air putih dapat menyebabkan konstipasi.

2. Mengunyah Makan perlahan


Sebagian orang lebih suka mengunyah makanan pelan karena merasa dengan menguyah perlahan dapat membuat kita lebih menikmati makanan. Namun ada juga orang yang tidak suka terlalu lama mengunyah makanan. Masalah seperti ini sering kali disepelekan namun tahukah kalian bahwa mengunyah makanan dengan perlahan justru lebih baik untuk pencernaan kita. Ketika kita mengunyah makanan dengan perlahan, hal ini akan memudahkan pencernaan lebih mudah  mencerna  makanan pada usus. Mengunyah lama juga akan mengurangi sendawa dan gas pada perut. Selain itu mengunyah makanan dengan lama dapat meningkatkan proses penyerapan nutrisi.

 3. Makan Sayur dan Buah



Nggak pernah bosan-bosan selalu diingatkan bahwa makanan kaya serat seperti sayur dan buah itu sangat bagus untuk pencernaan kita. Bahkan untuk kita yang hamil buah dan sayur itu selain bagus untuk fungsi pencernaan kita, nutrisi pada buah dan sayur sangat kita perlukan untuk nutrisi janin kita. Kandungan serat yang tinggi pada buah dan sayur dapat mencegah sembelit dan begah. Aku sendiri sangat merasakan perbedaannya. Ketika aku sedang tidak rajin mengonsumsi buah dan sayur pencernaan aku rasanya kurang nyaman. Perut terasa tidak enak dan sembelit. Sedangkan ketika aku rajin mengonsumsi buah dan sayur selain badan lebih segar bugar aku tidak mengalami sembelit dan perut terasa ringan.

4. Mengonsumsi Yogurt


Salah satu makanan yang dikenal baik bagi kesehatan pencernaan adalah yogurt. Yogurt adalah susu yang difermentasikan yang menghasilkan bakteri baik untuk kesehatan. Minuman probiotik ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan kita. Biasanya yogurt berbentuk seperti cream yang terasa asam atau dikemas dalam bentuk minuman. Salah satu yogurt favorite aku adalah dari Heavenly Blush.
Heavenly blush sekarang hadir dengan Yogurt Drink terbaru yaitu Heavenly Blush Tummy Yogurt Drink yang dikemas dalam bentuk botol. Fresh Yogurt Drink ini mengandung serat tinggi dari buah dan sayur yang membuat kita kenyang lebih lama sehingga membantu diet dan menurunkan berat badan juga. 

Yogurt drink ini cocok buat pencernaan ibu hamil, buat yang sedang diet atau untuk menjaga kesehatan pencernaan.




5. Makan Cemilan Kaya Serat


Ibu hamil kerap kali merasa lapar karena membutuhkan ekstra makanan untuk janinnya. Sesekali kita juga ingin ngemil bukan?. Ada baiknya memilih cemilan sehat dan kaya serat agar selain membuat perut kita kenyang disela waktu makan, nutrisi tetap didapat dan pencernaan tetap sehat.

Ada banyak pilihan alternatif snack sehat yang ada dipasaran. Snack sehat yang aku sedang sukai adalah Heavenly Blush Tummy Yogurt Bar. Ini adalah snack yang mengandung Fruit and Veggie Yogurt dan Multigrains  meliputi Chia Seed, Pumpkin Seed, Sunflower Seed, Black Sesame dan White Sesame. Yogurt bar ini mengandung high fiber membantu menahan lapar lebih lama. 

Cemilan sehat ini berbeda dengan snack bar lainnya. Kandungan Asam pada yogurt memperkaya rasa sehingga rasa snack bar ini memiliki rasa asam yogurt juga. Rasa asam dari yogurtnya pas. Malah memberi sensasi fresh saat memakannya. Apalagi untuk ibu hamil yang lagi suka makanan yang asam, snack bar ini dapat memenuhi hasrat makan ibu hamil yang sedang doyan makanan asam.



Heavenly Blush TummYogurt Drink kini tersedia di Indomaret seluruh Indonesia


High-fiber dapat membuat pencernaamu lebih sehat

Heavenly Blush Hi Fiber tummy yogurt drink, good for your tummy







7 komentar

  1. Waaahhh ini yogurt sama bar nya enak buat sahur kak VJ. cepet terus sehat . Tapi sayang aku blm nemu yang bar. Hehehe



    Depruttt.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu'um enyaak bangeett buat sahur, sehat lagi. Aku disini belum nemu yogurt drinknya. hikhiks

      Hapus
  2. Puasa2 liat tummy yoghurt bar benar2 menguji keimanan. Hahaha... Ngiler

    BalasHapus
  3. Aku hamil dulu juga suka minum heavenly blush ini, maklum ya sukanya yanh asem2. Sekarang ada snacknya juga yaa, jadi pengen nyoba ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heavenly blush yogurtnya emang enak ya mba. Asemnya enak pas. ngga too much. wajib dicoba snack barnya. enak asem asem seger

      Hapus
  4. Bener banget, makan buah dan sayur ngebantu saat hamil. Apalagi makan yogurt, jadi reda deh mualnya.

    BalasHapus

Hi, terima kasih sudah membaca blog aku :) Komentar kalian akan segera aku balas yaa. Komentar yang berisi link hidup, spam maupun komentar yang kurang pantas akan dihapus

© Beauty Blog by Vina
Maira Gall