#RabuCantik : Cara Membaca Masa Expired Produk Skincare dan Makeup


Pada kali ini aku mau sharing beberapa cara membaca masa expired produk baik itu skincare maupun makeup. Mungkin sebagian dari kita sudah tahu cara mengetahui masa expired produk, tetapi ternyata pencatuman masa expired produk ada beberapa bentuk.

Untuk produk luar negeri terkadang menggunakan PAO atau Period-After-Opening  which is masih jarang digunakan pada produk dalam negeri.
Sejauh ini yang aku ketahui ada tiga jenis pencantuman masa expired produk. Jika aku ada salah atau kalian menambahkan please don't mind buat share ya. :)

Periode-After-Opening (PAO)

Periode-After-Opening atau disingkat PAO adalah masa pemakaian terhadap produk setelah kemasan dibuka. Biasanya pencantuman PAO menggunakan simbol berupa jar terbuka dengan tulisan 12M, 3M, 24M dan masih banyak lagi.

12M artinya 12 Month yang artinya produk masa kadaluarsanya 12 bulan setelah kemasan dibuka.

Sistem PAO ini setahuku masih jarang diterapkan pada produk dalam negeri. Kebanyakan PAO ini ada produk kosmetik atau skincare dari luar negeri seperti US. 

Kenapa sih ada penerapan masa kadaluarsa dengan PAO?

Ketika kita menggunakan kosmetik atau skincare sering kali kita membuka,memakai atau sekedar mencolek bukan?. Saat kita membuka produk bisa jadi kondisi udara atau cahaya akan mengkontaminasi isi produk atau saat kita mencolek produk tangan atau aplikator membawa sejumlah bakteri dan kuman kedalam produk. Dengan adanya PAO sudah diperhitungkan berapa lama produk dapat bertahan dengan kualitasnya setelah kemasan dibuka. Tentu kita tahu ada kemungkinan semakin lama produk terkontaminasi semakin besar kemungkinan kualitas produk turun atau berubah.

Expired Date

Berikutnya adalah Expired Date. Expired date adalah tanggal batas maksimal kamu dapat menggunakan suatu produk. Aku pikir hal ini sudah jelas banget ya. Apalagi di Indonesia kebanyakan produk mencantumkan masa kada luarsa dengan Expired Date. Aku pikir anak SD juga udah pada tau. Hehehe.

Tanggal yang tercantum sebagai expired date adalah tanggal maksimal kamu menggunakan produk. Saran aku sih sebaiknya jangan juga menggunakan produk sampai terlalu mepet banget sama Expired Date. Makin cepet dan makin fresh suatu produk digunakan makin bagus bukan.

Baca Juga :  Review Masker Angkat Komedo Terbaik Versi Saya



Manufactured Date

Kadang kala pada suatu produk selain dicantumkan Expired Date, juga dicantumkan Manufactured Date. Manufactured Date itu apa sih?. Manufactured date itu adalah tanggal produksi produk. Jika pada kemasan tertera "MFG. 201701" artinya produk tersebut diproduksi pada Januari 2017 atau " MFG. 08032016" artinya produk diproduksi pada 8 Agustus 2016.

Bagaimana cara mengetahui masa kadaluarsa produk yang hanya mencantumkan Manufactured Date?.

Terkadang aku menemukan produk yang hanya mencantumkan tanggal produksi tanpa tanggal Expired. Untuk menjadi acuan kalian bisa melihat pada tabel dibawah.

Pada label diatas adalah salah satu contoh masa kadaluarsa produk kosmetik. Before Opening masa yang dihitung setelah tanggal produksi produk. After Opening adalah masa penggunaan produk setelah kemasan dibuka seperti yang aku jelaskan pada PAO.

Cara membaca tabel ini sangat mudah, contohnya pada BB Cream. Masa kadaluarsa BB Cream adalah tiga tahun setelah tanggal produksi, misal tanggal produksi BB Cream adalah 5 Mei 2017. Artinya produk BB Cream dapat digunakan maksimal tiga tahun setelah tanggal produksi atau pada tanggal 5 Mei 2020. Kemudian PAO produk BB Cream ini adalah satu tahun. Yang mana artinya jika kamu membuka dan menggunakan BB Cream ini pada tanggal 27 Desember 2018 maka masa kadaluarsa BB Cream kamu adalah 27 Desember 2019. 

Lalu bagaimana jika kamu menggunakan BB Cream tanggal 20 Januari 2020?

Ada dua pendapat sih jika hal ini terjadi. Ada yang mengatakan dapat digunakan sampai batas masa expired produk atau masa tiga tahun setelah tanggal produksi. Satu lagi berpendapat bisa saja digunakan hingga masa PAO habis. Aku sendiri secara pribadi akan menggunakan produk hanya pada sampai batas expired date pada tanggal 5 Mei 2020.

Oh iya sebenarnya jika kalian browsing melalui google mengenai tabel expiration date ini ada bermacam-macam masa expirednya.  Aku pilih tabel ini sebagai salah satu contoh saja. Pada tabel lain misalnya ada yang mengatakan bahwa lipstick dapat digunakan 18 bulan setelah dibuka. Terserah kalian mau mengikuti yang mana. Yang terpenting utamakan penggunaan produk sesuai dengan yang ada pada kemasan.


Seperti biasanya aku mau klaim #RabuCantik ini ditulis berdasar pendapat dan pengalaman pribadi. Bisa jadi tulisan aku ini benar atau salah karena aku bukan orang yang mumpuni pada bidang kecantikan. Jika ada hal yang ingin kalian share, koreksi atau tambahkan please don't mind. 

See you next week!

Baca Juga : Review Sunscreen Matte

31 komentar

  1. thank u infonya bermanfaat sekali,

    BalasHapus
  2. Wah, berguna banget nih artikelnya.. Brrti lipstik musti rajin make y kalo pny byk koleksi spy 1 tahun udh abis..
    Dulu pernah beli produk disalah satu toko kosmetik yg 'baru' bbrp tahun buka. Mau nyoba aj.. Pas nyampe rumah tyt exp nya 3 hr lg.. Eh cuss lh mau balikin tuh produk besoknya. Kebetulan struk msh mulus.. Eh tyt kagak boleh.. 😑 *ga mau lg kesana.. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah parah itu toko komsetiknya. Ngga ada quality control ya. Tapi emang ada baiknya kita lebih telaten sih saat belanja kalau bisa pas dikasir tanya expired produk

      Hapus
  3. Aku selalu taat masalah PAO karena pernah iritasi pake esedo kadaluarsa. Boasanya biar gak lupa aku pake sticker dan aku tempel di badan kemasan:D

    www.vinasaysbeauty.com

    BalasHapus
  4. Aku sempet bingung dan mikir kalo milih produk korea, jepang, atau thailand. Dan terdapat tulisan masa kadaluarsa cuma 3M,6M, atau 12M. Tapi untuk di indonesia sendiri udh ditulis expired date nya dengan jelas.

    nurazizahkim.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Produk kosmetik luar banyak ada PAO nya saja sampai aku bingung waktu itu. He

    www.rima-angel.com

    BalasHapus
  6. Wah makasih Ka Vina, infonya bermanfaat 😍

    BalasHapus
  7. Produk make up nih biasa nya habis nya lakas, jdi kda sampai menahun nahun 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inggih, bagi yang jarang be makeup tetap ai sebuting liptick rasa lima tahun hanyar habis hahaha

      Hapus
  8. Untuk produk lokal yang nyantumin ED PAO agak jarang yah, yang aku ingat cuma Sariayu grup. Yang lain rata-rata cuma nyantumin MFG date :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Geh jarang,konsumen indonesia masih awam dengan PAO

      Hapus
  9. Bentar bentar, istriku tak suruh baca ni postingan. Dia keseringan numpuk bedak soalnya.. ngabisin uang aja

    BalasHapus
  10. Paling gampang pastinya yang pakai expired date yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. YEUUUPP, nanti tinggal ikutin panduan PAO in general

      Hapus
  11. Wahh, terima kasih kaaa bermanfaat banar infonya nih.

    Iya sih ka itu macam-macam yang expired pakai tabel tu, tapi ya intinya utamakan aja expired yg ada di kemasan hehehe

    BalasHapus
  12. Informatif sekali, Mbak. Udah lama cari informasi ini dan ketemulah di sini.

    BalasHapus
  13. Baru tau yg PAO itu. Soalnya ga doyan liatin tanggal expired. Duh kayaknya kebiasaan buruk banget ya 😿

    BalasHapus
    Balasan
    1. OH MY, Mulai sekarang perhatiin expired produk yaa

      Hapus
  14. informasinya sangat bermanfaat banget terimakasih kak..

    BalasHapus
  15. kak mau tanya kalo kode nya 6A01DE18 pada produk celak kohl bacanya gimana kak makasih

    BalasHapus

Hi, terima kasih sudah membaca blog aku :) Komentar kalian akan segera aku balas yaa. Komentar yang berisi link hidup, spam maupun komentar yang kurang pantas akan dihapus

© Beauty Blog by Vina
Maira Gall