Yuks Sadar Investasi dari Sekarang!

[Sponsored Post]
Kemarin tanggal 19 November saya menghadiri acara yang diadakan oleh Manulife dan klikMAMI yang mana saya dibekali ilmu tentang investasi reksadana secara online. Saya pribadi bukan orang yang melek investasi jadi boleh lah bergabung dengan event ini sedari menambah ilmu sekaligus bertemu juga dengan kawan blogger yang ada di Banjarmasin dan sekitarnya.

Sebelum saya menuju point utama ada baiknya saya menjelaskan sedikit tentang Manulife dan klikMAMI. 


Apa itu Manulife?

PT Manulife Aset Manajemen Indonesia atau kita singkat Manulife adalah grup yang menyediakan jasa layanan keuangan yang berasal dari Kanada yang beroperasi di Asia, Kanada dan Amerika Serikat. Perusahaan Manulife berdiri di Indonesia sejak tahun 1985. Manulife Indonesia menawarkan beragam layanan keuangan termasuk asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan kesehatan, layanan investasi, dan dana pensiun kepada nasabah individu maupun pelaku usaha di Indonesia.

Apa itu Reksa Dana manulife ?
Reksadana manulife hadir dengan sebagai solusi investasi bagi Indonesia. Manulife Management Asset menawarkan 21 produk reksa dana yang terdiri dari reksa dana saham (termasuk saham syariah), pendapatan tetap, campuran dan pasar uang. Seluruh rangkaian produk reksa dana manulife dikelola oleh tim pengelola investasi yang memiliki pengalaman rata-rata 12 tahun.

Apa itu MAMI?
MAMI adalah singkatan dari Manulife Asset Management Indonesia yang hadir sejak tahun 1996 di Indonesia. MAMI adalah perusahaan manajer investasi yang telah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sedangkan klikMAMI adalah situs transaksi online Reksa Dana Manulife yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Fitur yang ada dalam klikMAMI memungkikan kita untuk memulai investasi, melakukan berbagai transaksi seperti pembelian, pengalihan dan pencairan, memonitor portofolio investasi sampai dengan memperbarui data.


Di event kemaren ada hal yang masih melengket dikepala aku yaitu 3i. 3i adalah singkatan dari Insyaf, Irit dan Investasi. Katanya sih 3i ini dibuat untuk mengajak masyarakat untuk sadar akan pentingnya investasi. Hmmm kira-kira apa sih 3i ini? tenang aku akan jelaskan satu-persatu.

1. Insyaf
Point pertama adalah insyaf. Insyaf disini kita harus mulai sadar bahwa kebutuhan kita semakin lama semakin membesar. Kebutuhan untuk kehidupan sehari-hari dan penunjang pendidikan anak misalnya. Semakin kita tua beban kita akan pemenuhan kebutuhan bukannya berkurang, eh malah makin bertambah. Apalagi harga barang semakin hari makin naik saja. Apalagi ibu rumah tangga, beuh pasti paling ngerasa kalau harga cabe naik sedikit aja. hehe. Karena itu kita harus sadar dan mulai merencanakan masa depan kita kelak

2. Irit
Kita harus mulai mengatur pengeluaran kita. Bukan bearti kita harus pelit. Nggak! kalau lapar ya makan gak usah sampai satu biji telur buat dimakan lima orang. Itu sih keterlaluan juga. Irit disini artinya kita harus tahu dimana prioritas kita. Apakah pengeluaran yang kita lakukan memang benar hal yang kita butuhkan atau hanya sekedar keinginan pribadi karena lapar mata.

3. Invest
Sesudah kita insyaf, kemudian kita melakukan penghematan bukan? Kelebihan uang dari penghematan tadi dapat kita jadikan sebagai uang investasi dimasa tua. Eh tapi sebaiknya investasi itu uangnya bukan sisa dari uang pengeluaran kita. Sebaiknya itu uang yang kita sisihkan diawal dari uang penghasilan kita.


Di dalam dunia investasi ada banyak sekali bentuk-bentuk investasi. Namun salah satu investasi yang bisa kita coba adalah reksadana. Lho kok reksadana? kelebihannya apa?

"Kelebihan Reksa Dana jika dibandingkan dengan membeli saham secara langsung setidaknya ada 4, yaitu: terjangkau (gak harus membeli beberapa lot saham sekaligus), mudah (karena dibantu Manajer Investasi), bebas pajak (saham dikenakan pajak) dan pengelolaan aman (pada dasarnya kita invest langsung ke perusahaan, sedangkan Manajer Investasi hanya sebagai pengelola saja. Ketika Manajer Investasi tutup maka Reksa Dana kita masih tetap aman karena dijamin pemerintah dalam hal ini OJK."

Ayok kita sadar investasi #SekarangAja. Tidak ada salahnya lho mempersiapkan masa tua sedini mungkin. Investasi reksadana di #klikMAMI bahkan bisa dimulai dengan Rp 100.000,- rupiah saja lho. Ayook jadi generasi yang cerdas, mulai cermat mengatur keuangan dan mulai investasi untuk masa tua.

More Info

2 komentar

Hi, terima kasih sudah membaca blog aku :) Komentar kalian akan segera aku balas yaa. Komentar yang berisi link hidup, spam maupun komentar yang kurang pantas akan dihapus

© Beauty Blog by Vina
Maira Gall